Selasa, 30 April 2013

MENDIAGNOSA KERUSAKAN PADA SEPEDA MOTOR

1.    Mesin berputar tetapi tidak mau hidup

Kemungkinan Penyebabnya:
•    Bensin di dalam tangki habis
•    Saringan bahan bakar tersumbat
•    Bensin tidak mengalir ke karburator
•    Mesin kebanjiran
•    Tidak ada terjadi percikan bunga api pada busi (Gangguan pada sistem Pengapian )
•    Saringan dara tersumbat
•    Ada kebocoran pada saluran udara masuk
•    Cara kerja cuk tidak benar
•    Cara kerja gas tangan tidak benar

2.    Susah di hidupkan atau mogok setelah di starter

Kemungkinan Penyebabnya:
•    Cara kerja cuk tidak benar
•    Gangguan pada sisitem pengapian
•    Karbulator tidak berfungsi sebagaimana mestinya
•    Bensin kotor
•    Kebocoran pada saluran udara masuk
•    Putaran stasioner tidak tepat
•    Penyetelan sekrup udara tidak tepat

3.    Putaran stasioner tidak rata

Kemungkinan Penyebabnya:
•    Gangguan pada sistem pengapian
•    Putaran stasioner tidak tepat
•    Karbulator tidak bekerja sebagaimana mestinya
•    Bensin kotor
•    Penyetelan sekrup udara tidak tepat

4.    Pengapian tidak teratur saat akselerasi

Kemungkinan Penyebabnya:
•    Gangguan pada sistem pengapian

5.    Terjadi ledakan – ledakan pada karbulator
•    Gangguan pada sisitem pengapian
•    Karbulator tidak berfungsi sebagaimana mestinya

6.    Tenaga kurang dan bahan bakar boros
Kemungkinan Penyebabnya
•    Sistem bahan bakar tersumbat
•    Gangguan pada sistem pengapian

7.    Campuran bahan bakar terlalu miskin

Kemungkinan Penyebabnya:
•    Spuyer – spuyer Karbulator kotor atau tersumbat
•    Katup pelampung tidak bekerja dengan baik
•    Tinggi pelampung terlalu rendah
•    Lubang pernafasan tutup tangki bahan bakar tersumbat
•    Saringan bahan bakar tersumbat
•    Saluran bahan bakar tersumbat
•    Kebocoran saluran udara masuk
•    Saluran udara vebtilasi tersumbat
•    Letak klip jarum skep tidak tepat

8.    Campuran bahan bakar terlalu kaya

Kemungkinan Penyebabnya
•    Spuyer – spuyer Karbulator kotor atau tersumbat
•    Katup pelampung rusak
•    Pelampung terlalu tinggi
•    Cuk tertutup terus
•    Saringan udara kotor
•    Letak klip jarum skep tidak tepat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar