http://www.luarkampus.com/2011/06/download-rpp-teknik-kendaraan-ringan.html
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
SMK 2 TAKALAR
Mata Pelajaran
: Kejuruan Otomotif
Kelas/Semester : XII / 6
Pertemuan Ke-
: I - VIII
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Perbaikan Sistem Kemudi
Kompetensi Dasar :
· Mengidentifikasi berbagai jenis
sistem kemudi
· Memeriksa kondisi sistem/komponen kemudi
· Memperbaiki berbagai jenis sistem kemudi
Indikator :
·
Jenis
–jenis roda gigi kemudi diidentifikasi
·
Jenis-jenis kolom kemudi diidentifikasi
·
Komponen sistem kemudi dipelihara sesuai SOP
·
Perbaikan
sistem kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/
sistem lainnya.
· Informasi yang benar diakses dari
spesifikasi pabrik dan dipahami.
· Perbaikan dan
peng-gantian sistem kemudi dilaksanakan berdasarkan metode, perlengkapan dan
toleransi yang sesuai terhadap spesifikasi pabrik
I. Tujuan
Pembelajaran :
Selesai mengikuti pelajaran teori dan praktek
siswa dapat melaksanakan pemeliharaan and perbaikan sistem kemudi julianapalambean@blogspot.com
II. Materi Ajar :
· Konstruksi
dan prinsip kerja geometri roda.
·
Metoda
pembongkaran dan perbaikan.
·
Pengujian
dan penyetelan
III. Metode
Pembelajaran : Diskusi,
penugasan, kerja
kelompok dan Praktek
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan I
A.
Kegiatan Awal :
Membuka pelajaran, absensi siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan Inti : - Mendiskusikan prinsip kerja sistem kemudi melalui penggalian infomasi
pada buku manual.
- Mendiskusikan konstruksi sistem kemudi
melalui penggalian infomasi pada buku manual.
C.
Kegiatan Akhir :
Menyimpulkan dan menutup pelajaran
Pertemuan
II
A.
Kegiatan Awal : Membuka pelajaran Absensi
siswa, memberikan pertanyaan materi sebelumnya
B.
Kegiatan Inti :
- Mendiskusikan
macam macam jenis sistem
kemudi melalui penggalian informasi pada buku manual
-
Identifikasi peralatan perbaikan sistem kemudi
C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan dan menutup
pelajaran
Pertemuan
III
A.
Kegiatan Awal : Membuka pelajaran Absensi
siswa, memberikan pertanyaan materi sebelumnya
B.
Kegiatan Inti
:
-
Praktek pembongkaran sistem kemudi dan komponennya
-
Praktek perbaikan sistem kemudi melalui buku manual
C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan materi pelajaran
dan hasil praktek
Pertemuan
IV
A.
Kegiatan Awal : Membuka pelajaran Absensi
siswa, memberikan pertanyaan materi sebelumnya
B. Kegiatan
Inti :
pemeriksaan minyak pelumas pada roda gigi
sistem kemudi manual dan sistem kemudi tenaga sesuai SOP
C.
Kegiatan Akhir : Menyimpulkan materi pelajaran dan
hasil praktek
Pertemuan V
A. Kegiatan Awal
: Membuka pelajaran, absensi
siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan
Inti : Praktek pemeriksaan pada
komponen-komponen roda gigi sistem kemudi manual dan roda gigi sistem kemudi
tenaga
C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan dan menutup
pelajaran
Pertemuan VI
A. Kegiatan Awal
: Membuka pelajaran, absensi
siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti : Praktek penyetelan pre load bantalan dan kebebasan roda gigi kemudi
C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan dan menutup pelajaran
Pertemuan
VII
A. Kegiatan Awal :
Membuka pelajaran Absensi siswa, memberikan pertanyaan materi sebelumnya
B. Kegiatan Inti
: Praktek pemeriksaan keausan batang penghubung kemudi/ujung
tie rod dan ball join
C. Kegiatan Akhir
: Menyimpulkan dan menutup pelajaran
Pertemuan
VIII
A. Kegiatan Awal : Membuka pelajaran Absensi siswa, memberikan
pertanyaan materi sebelumnya
B. Kegiatan Inti :
perbaikan dan penggantian komponen yang rusak pada sistem
kemudi manual dan sistem kemudi tenaga
C. Kegiatan
Akhir : Menyimpulkan materi
pelajaran dan hasil praktek
V. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
Alat : Unit mobil, power steering trainer,
Bahan : Oli power steering
Sumber Belajar : Buku pelajaran Basic Astra
Internasional
Buku New Step 1 PT. TOYOTA Astra Motor
Buku Petunjuk Praktek Untuk
STM TOYOTA Astra Motor
VI. Penilaian : Penugasan, observasi dan praktek
EVAUASI 1
VII.
Prosedur dan Mekanisme
Penilaian.
a.
Penilaian
dilakukan dengan prosedur:
1)
Tes
lisan
2)
Tes
tertulis
3)
Tugas
4)
Project
work
5)
Tes
perbuatan
6)
Wawancara
7)
Simulasi
8)
Portfolio
Penilaian berbasis kelas dilaksanakan selama proses pemelajaran berlangsung
oleh sekolah/guru.
C.
KRITERIA PENILAIAN
1.
ASPEK
PENILAIAN UJI KOMPETENSI TEORI :
NO
|
ASPEK
PENILAIAN
|
NILAI
MAKS
|
NILAI
PEROLEHAN
(X
0,1)
|
KET
|
5
15
|
||||
2
|
Soal no 3
Soal no 4
Soal no 5
Soal no 6
Soal no 7
Soal no 8
Soal no 9
Soal no 10
|
|||
Jumlah Nilai
|
100
|
2.
ASPEK
PENILAIAN UJI KOMPETENSI PRAKTEK
NO
|
ASPEK
PENILAIAN
|
NILAI
MAKS
|
NILAI
PEROLEHAN
(X
0,1)
|
KET
|
Sikap :
|
10
15
|
|||
2
|
Ketrampilan Praktek :
1.
Penggunaan alat
2.
Urutan langkah kerja
pembogkaran
3.
Urutan langkah kerja
pemasangan
4. Ketelitian kerja
|
|||
3.
|
Hasil Kerja
|
20
|
||
Jumlah
Nilai
|
100
|
VIII.
Pedoman Penilaian :
- Nilai teori siswa lulus jika memperoleh
nilai 7,51 keatas
- Nilai
praktek diukur berdasarkan hasil, siswa mampu melakukan pekerjaan pemeriksaan, pengukuran, penyetelan dan
pemasangan kembali komponen Air Conditioner
tanpa menyebabkan kerusakan komponen lainnya dan rem bekerja normal.
Mengetahui
Kepala SMK 2 Takalar
Penyusun
Juliana Palambean, ST. MT Abdul Rahman R NIP. 1993062 04062013 0003 NIM. 092214045
TUGAS INDIVIDU
RENCANA PEMBELAJARAN KEJURUAN
OLEH
ABDUL RAHMAN R
092214045
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
Komentar
Posting Komentar