Rem
Cakram Kurang Responsif dan Keras
Gambaran
kerusakan :
Sepeda
motor anda mengalami gangguan pada sistem rem cakramnya. Ketika direm terasa
keras namun tidak begitu responsif hasil pengeremannya. Seharusnya kondisi
normalnya pada saat direm dengan satu jari saja sudah responsif dan bisa
mengerem dengan baik.
Cara
mengatasinya:
Lepas
kaliper dicek kinerja pengeremannya. Caliper biasanya ada yang 1 piston ada
juga yang 2. Untuk yang caliper dua piston ,Setelah dicek ternyata kalipernya
hanya satu yang bergerak responsif, adapun yang satunya lagi bergerak tapi
lambat, padahal kondisi normal seharusnya begerak bersama menekan kampas rem
merapat ke cakram(disc brake).
Langkah
perbaikannya sebagai berikut :
|
|
Ket: dari kiri ke kanan berurutan gambar 1, gambar 2 dan gambar 3
1. Ganjal kaliper yang normal dengan batang besi(gambar 1)
2. Tuas rem ditarik beberapa kali (gambar 2). Cara ini akan
memaksa caliper yang macet untuk maju karena tertekan oleh cairan rem yang
ditekan sampai kondisinya sama mepet dengan batang besi. Dalam kondisi seperti
ini akan terlihat sebab macetnya biasanya karena kotor pada bagian sisi piston
caliper.
3. Bersihkan bagian piston kaliper yang kotor (gambar 3 ada
tanda panah) dengan kain sampai bersih. Hindari menggunakan skrap, apalagi
amplas, karena akan merusak sisi piston. Setelah kondisi piston caliper bersih.
Dipasang lagi dan dicoba. Masalah selesai.
V-belt
slip dan ada bunyi berdecit
Masalah
Pada
saat berjalan Yamaha Nouvo mengalami suara bedecit?. Suara tersebut lazim
terjadi saat penambahan kecepatan / akselerasi.
Cara
mengatasi :
1. Bersihkan V-belt dengan V-belt cleaner (larutan
pembersih untuk menghilangkan suara berdecit/noise). Bila masih bunyi
2. Cari sumber penyebabnya apakah karena kotor oli/gemuk
yang bocor. Pastikan pula kondisi permukaan sentuh pulley depan dan belakang
masih normal, begitu pula kondisi V-beltnya.
3. Dicek pula apabila ada seal bocor memungkinkan terjadi
gesekan antara logam dengan logam secara langsung, karena vaselinnya semburat
keluar. Bila kondisi demikian ganti seal di sekitar pulley depan dan belakang berikut
vaselinnya.
Kopling
sentrifugal mio bergetar
Gambaran
Kerusakanya :
Untuk
sepeda motor Mio gejala awal yang biasa terjadi adalah ketika handel gas
diputar (mulai awal berjalan), terjadi getaran di mesin. Dalam kondisi seperti
ini perpindahan tenaga tidak terasa halus dan menggangu kelancaran berkendara
pada putaran rendah.
Cara
Mengatasinya :
1. Getaran di kopling sentrifugal tersebut bisa disebabkan
oleh kotoran yang ada didalamnya. Sehingga mekanisme perpindahan tenaga menjadi
terganggu. Bila mengandung oli atau gemuk pada permukaannya, maka dibesihkan.
Namun perlu di ketahui penyebab kebocoran gemuk maupun oli disekitar V-belt.
2. Dicek pada bagian kopling sentrifugalnya, apakah normal
atau tidak rata pada bagian permukaan sentuhnya dengan kampas sentrifugal.
Apabila tidak rata bisa diamplas halus namun bila sudah parah ya harus diganti.
Sebelumnya dicek terlebih dahulu mengapa permukaan sentuh kopling sentrifugal
bisa tidak rata. Apakah karena laker atau kekocakan as dan lain sebagainya.
Mengapa
Katup/Klep Terbakar dan Apa Gejalannya
Mesin
pada saat terjadi proses pembakaran di dalam ruang bakar akan menghasilkan
panas yang cukup tinggi. Mengapa katup bisa tertbakar ? Maksudnya begini,
sebuah katup terbakar akan terjadi ketika panas dari pembakaran bocor lewat
katup, dan masuk saluran katup buang ataupun saluran katup hisap. Sehingga
campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar dengan sempurna bila kebocoran
katupnya parah. Apabila kebocorannya belum parah (Cuma merembes) mesin akan
mudah mati terutama kondisi stationer kalaupun hidup, hidupnya mesin tidak
teratur.
Sebenarnya
mudah dikenali karena dari suara bocornya yang keluar dari katup. Selain itu
terkadang ada asap keluar dari karbu. Atau yang paling parah terjadi ledakan di
karbu dan keluar api, bisa juga masalah tersebut terjadi di system pengeluaran
atau knalpot karena katup buangnya terbakar dan terjadi suara ledakan juga.
Semua itu didukung dengan pembacaan hasil pembakaran di busi yang tidak ideal.
Perbaikan
dari masalah diatas adalah diganti katupnya dan disekur ulang agar lebih rapat.
Selanjutnya stel katup sesuai prosedur dan lakukan servis ringan secara rutin.
Komentar
Posting Komentar