Rem Cakram Kurang Responsif dan Keras

Gambaran kerusakan :
Sepeda motor anda mengalami gangguan pada sistem rem cakramnya. Ketika direm terasa keras namun tidak begitu responsif hasil pengeremannya. Seharusnya kondisi normalnya pada saat direm dengan satu jari saja sudah responsif dan bisa mengerem dengan baik.

Cara mengatasinya: 
Lepas kaliper dicek kinerja pengeremannya. Caliper biasanya ada yang 1 piston ada juga yang 2. Untuk yang caliper dua piston ,Setelah dicek ternyata kalipernya hanya satu yang bergerak responsif, adapun yang satunya lagi bergerak tapi lambat, padahal kondisi normal seharusnya begerak bersama menekan kampas rem merapat ke cakram(disc brake).
Langkah perbaikannya sebagai berikut :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUzNf-ZFqfI8JNI6zzDg-o_x_mBNBKmhke6dd3mb9FOWWGcWuZJfCGQ_1Hce3Gdc-F8cV4sSSksFkmjOhXOyxj3aSZcn0H1bbYGGLY5rBbEEz285o7ujeiRcfXJ3nXp7XuogG_BRdI6_RR/s200/Image0191.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-ISVH-i_uDzSmARCSRv9lYZfjmCwHjMo2Q27erKPD_ezFp9Kjd-VgS2WQwtP8uQ_TLbDpDinZi9QcgOU6JQp-aC8I1JfwWMj_lv9JQvvJQnUKQNCREuqkLJ0lTDHjG8MMYt9tIMGdchCT/s200/gambar+kaliper+dipanah.JPG

Ket: dari kiri ke kanan berurutan gambar 1, gambar 2 dan gambar 3
1. Ganjal kaliper yang normal dengan batang besi(gambar 1)
2. Tuas rem ditarik beberapa kali (gambar 2). Cara ini akan memaksa caliper yang macet untuk maju karena tertekan oleh cairan rem yang ditekan sampai kondisinya sama mepet dengan batang besi. Dalam kondisi seperti ini akan terlihat sebab macetnya biasanya karena kotor pada bagian sisi piston caliper.
3. Bersihkan bagian piston kaliper yang kotor (gambar 3 ada tanda panah) dengan kain sampai bersih. Hindari menggunakan skrap, apalagi amplas, karena akan merusak sisi piston. Setelah kondisi piston caliper bersih. Dipasang lagi dan dicoba. Masalah selesai.

V-belt slip dan ada bunyi berdecit
Masalah
Pada saat berjalan Yamaha Nouvo mengalami suara bedecit?. Suara tersebut lazim terjadi saat penambahan kecepatan / akselerasi.

Cara mengatasi :
1. Bersihkan V-belt dengan V-belt cleaner (larutan pembersih untuk menghilangkan suara berdecit/noise). Bila masih bunyi
2. Cari sumber penyebabnya apakah karena kotor oli/gemuk yang bocor. Pastikan pula kondisi permukaan sentuh pulley depan dan belakang masih normal, begitu pula kondisi V-beltnya.
3. Dicek pula apabila ada seal bocor memungkinkan terjadi gesekan antara logam dengan logam secara langsung, karena vaselinnya semburat keluar. Bila kondisi demikian ganti seal di sekitar pulley depan dan belakang berikut vaselinnya.
Kopling sentrifugal mio bergetar

Gambaran Kerusakanya :
Untuk sepeda motor Mio gejala awal yang biasa terjadi adalah ketika handel gas diputar (mulai awal berjalan), terjadi getaran di mesin. Dalam kondisi seperti ini perpindahan tenaga tidak terasa halus dan menggangu kelancaran berkendara pada putaran rendah. 
Cara Mengatasinya :
1. Getaran di kopling sentrifugal tersebut bisa disebabkan oleh kotoran yang ada didalamnya. Sehingga mekanisme perpindahan tenaga menjadi terganggu. Bila mengandung oli atau gemuk pada permukaannya, maka dibesihkan. Namun perlu di ketahui penyebab kebocoran gemuk maupun oli disekitar V-belt.
2. Dicek pada bagian kopling sentrifugalnya, apakah normal atau tidak rata pada bagian permukaan sentuhnya dengan kampas sentrifugal. Apabila tidak rata bisa diamplas halus namun bila sudah parah ya harus diganti. Sebelumnya dicek terlebih dahulu mengapa permukaan sentuh kopling sentrifugal bisa tidak rata. Apakah karena laker atau kekocakan as dan lain sebagainya.
Mengapa Katup/Klep Terbakar dan Apa Gejalannya

Mesin pada saat terjadi proses pembakaran di dalam ruang bakar akan menghasilkan panas yang cukup tinggi. Mengapa katup bisa tertbakar ? Maksudnya begini, sebuah katup terbakar akan terjadi ketika panas dari pembakaran bocor lewat katup, dan masuk saluran katup buang ataupun saluran katup hisap. Sehingga campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar dengan sempurna bila kebocoran katupnya parah. Apabila kebocorannya belum parah (Cuma merembes) mesin akan mudah mati terutama kondisi stationer kalaupun hidup, hidupnya mesin tidak teratur.
Sebenarnya mudah dikenali karena dari suara bocornya yang keluar dari katup. Selain itu terkadang ada asap keluar dari karbu. Atau yang paling parah terjadi ledakan di karbu dan keluar api, bisa juga masalah tersebut terjadi di system pengeluaran atau knalpot karena katup buangnya terbakar dan terjadi suara ledakan juga. Semua itu didukung dengan pembacaan hasil pembakaran di busi yang tidak ideal.
Perbaikan dari masalah diatas adalah diganti katupnya dan disekur ulang agar lebih rapat. Selanjutnya stel katup sesuai prosedur dan lakukan servis ringan secara rutin.

Komentar

Postingan Populer